Kesehatan: Tidak ada ‘vagin* yang sempurna’, kata dokter - BBC News Indonesia (2024)

Kesehatan: Tidak ada ‘vagin* yang sempurna’, kata dokter - BBC News Indonesia (1)

Sumber gambar, Getty Images

Informasi artikel
  • Penulis, Ozge Ozdemir
  • Peranan, BBC News Turkish

Di media sosial, ada diskusi yang sedang berlangsung tentang bagaimana seharusnya tampilan dan aroma 'vagin* yang sempurna'.

Ditonton oleh jutaan orang, beberapa postingan dan video online ini bahkan menyarankan penggunaan produk untuk mengubah aroma dan penampilan alat kelamin wanita.

Para ahli ginekologi memperingatkan agar tidak menggunakan produk-produk ini karena dapat mengganggu tingkat pH vagin* dan menyebabkan infeksi.

vagin* dan vulva memiliki mikroorganisme dan keseimbangannya sendiri sehingga bahan kimia apa pun yang dimasukkan ke dalamnya dapat mengganggu strukturnya, demikian peringatan ginekolog Mujdegul Zayifoglu Karaca.

"Ketika pertama kali mendengar tentang 'parfum vagin*', saya merasa takut. Mengapa tidak ada parfum untuk penis tetapi hanya untuk vagin*?" tanyanya.

Lewatkan Artikel-artikel yang direkomendasikan dan terus membaca

Artikel-artikel yang direkomendasikan

Akhir dari Artikel-artikel yang direkomendasikan

Vulva adalah nama untuk semua organ intim perempuan pada bagian luar tubuh. Adapun vagin* adalah kanal berotot yang menghubungkan leher rahim ke bagian luar tubuh.

Eylul Gulce Kara, seorang mahasiswi di Istanbul, merasa muak dengan tekanan yang dihadapi perempuan di media sosial.

"Rasanya seperti kita terus-menerus harus melakukan sesuatu untuk memenuhi tuntutan masyarakat," katanya.

"Apakah warna vagin* perempuan saat ini sudah terlalu gelap?"

‘Tidak ada vulva yang sempurna’

Para ahli medis memperingatkan, tidak ada yang namanya vulva yang 'ideal' atau 'sempurna'.

"Vulva itu unik untuk setiap wanita," kata Berrin Tezcan, seorang dokter yang terdaftar di Royal College of Obstetricians and Gynecologists di London.

"Tidak ada vulva yang sama antara satu wanita dengan wanita lainnya dalam hal bentuk, ukuran, warna, atau tampilan.

"Saat pasien saya berkunjung karena khawatir ada sesuatu yang tidak normal pada vulva mereka, dan ketika saya mengatakan bahwa itu normal, tidak ada yang salah dengan tubuh mereka, 90% dari mereka merasa lega."

Kesehatan: Tidak ada ‘vagin* yang sempurna’, kata dokter - BBC News Indonesia (2)

Lewati Podcast dan lanjutkan membaca

Investigasi: Skandal Adopsi

Investigasi untuk menyibak tabir adopsi ilegal dari Indonesia ke Belanda di masa lalu

Episode

Akhir dari Podcast

Namun di beberapa negara, perempuan merasa tidak dapat menemui dokter kandungan yang dapat diandalkan untuk dimintai saran.

Di Iran, misalnya, kesehatan seksual wanita masih dianggap tabu sehingga diskusi seputar alat kelamin menyebabkan perempuan merasa malu.

Sejumlah pengguna media sosial bahkan mengeluhkan bahwa dokter sendirilah yang membuat perempuan tidak nyaman dengan menghina tubuh pasiennya.

"Salah satu teman saya melakukan labiaplasty (operasi memperbaiki bibir vagin*), dan kami bertanya mengapa ia melakukannya sebab operasi ini sangat tidak nyaman," demikian bunyi sebuah unggahan di platform media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter.

"Dia mengatakan kepada saya: 'Karena dokter kandungan saya terus bertanya kepada saya mengapa labia saya terlihat sangat buruk? [Dia berkata] Mengapa labia Anda begitu besar dan jelek? Mengapa lubang vagin* begitu lebar? Apakah Anda melahirkan secara alami? Itulah mengapa saya menjalani operasi."

Baca juga:

  • Sertifikat keperawanan: Kisah kaum perempuan Iran yang perlu bukti perawan untuk menikah
  • Terapi peremajaan vagin* "menimbulkan risiko serius'

Kesehatan: Tidak ada ‘vagin* yang sempurna’, kata dokter - BBC News Indonesia (3)

Sumber gambar, Getty Images

Labiaplasty adalah jenis bedah kelamin wanita yang paling umum dan merupakan salah satu prosedur kosmetik yang paling cepat berkembang di kalangan anak muda di seluruh dunia.

Baca juga:

  • 'vagin* saya seperti menolak' - cerita pengidap vaginismus yang menghadapi stigma dan trauma
  • Perempuan lajang 'traumatis' saat memeriksa kesehatan reproduksi di Indonesia: Dicap ‘dosa’ hingga anjuran menikah dulu

Prosedur ini membentuk kembali labia minora - lipatan kulit di kedua sisi lubang vagin*, yang biasa disebut sebagai bibir vagin*.

Tindakan ini sebaiknya tidak dilakukan pada anak perempuan yang berusia di bawah 18 tahun. Musababnya, pada usia ini labia terus berkembang setelah masa pubertas hingga awal masa dewasa.

Prosedur ini dapat menjadi solusi bagi perempuan yang memiliki kekhawatiran tentang kebersihan, kesulitan saat berhubungan seksual, atau ketidaknyamanan saat berolahraga.

Namun, semakin banyak perempuan yang melakukan operasi bedah labiaplasty karena khawatir dengan penampilan alat kelamin mereka.

Labiaplasty sedang populer

Sebuah riset terbaru menunjukkan lebih dari setengah juta orang di Australia telah melakukan atau mempertimbangkan untuk melakukan labiaplasty.

Laporan Labia Diversity yang diterbitkan oleh Women's Health Victoria pada bulan Juni ini meliputi data dari survei terhadap 1.030 wanita dan orang-orang yang memiliki labia berusia 18 hingga 50 tahun.

Laporan tersebut menemukan, "p*rnografi dan media sosial telah mendorong peningkatan jumlah orang yang melakukan atau mempertimbangkan operasi labia, dengan gambar dan video yang mendistorsi persepsi tentang seperti apa alat kelamin wanita seharusnya".

Menurut The International Society of Aesthetic Plastic Surgery (ISAPS), labiaplasty telah meningkat di seluruh dunia sebesar 14,8% pada 2023 dibandingkan dengan 2019.

Survei global tahunan yang dilakukan oleh ISAPS menunjukkan bahwa Brasil adalah negara yang paling banyak melakukan labiaplasty, dengan lebih dari 28.000 orang yang menjalani prosedur ini.

"Wanita Brasil khawatir dengan penampilan mereka dan secara budaya lebih cenderung melakukan bedah plastik," kata ahli bedah plastik Renata Magalhães, anggota Brazilian Society of Plastic Surgery.

Kesehatan: Tidak ada ‘vagin* yang sempurna’, kata dokter - BBC News Indonesia (4)

Sumber gambar, Instagram.com/valsantanafitt

Val Santana, atlet binaraga berusia 27 tahun asal Brasil, memutuskan untuk menjalani labiaplasty tahun lalu.

"Keputusan untuk menjalani operasi ini berawal dari pengalaman saya enam tahun yang lalu, saat saya memulai binaraga dan menggunakan steroid anabolik," katanya kepada BBC News Brasil.

"Salah satu efek samping dari penggunaan obat-obatan seperti boldenone dan oxandrolone adalah pembesaran klitoris saya."

Baginya, kekhawatiran utamanya adalah bagaimana ia merasa tidak percaya diri saat berhubungan seksual.

Membagikan pengalaman operasinya di platform media sosial Instagram, Santana mengatakan bahwa prosedur ini telah meningkatkan kepercayaan diri dan kualitas hidupnya.

Sejumlah risiko

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) di Inggris mengeluarkan anjuran bahwa melakukan labiaplasty adalah keputusan besar yang harus dipikirkan dengan matang.

"Prosedur ini bisa mahal dan memiliki sejumlah risiko. Tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang Anda harapkan, dan tidak akan membuat Anda merasa lebih baik dengan tubuh Anda," kata NHS.

NHS juga memperingatkan bahwa labiaplasty kadang-kadang dapat menyebabkan pendarahan, infeksi, jaringan parut, dan berkurangnya sensitivitas alat kelamin. Semua jenis operasi juga menimbulkan risiko terjadinya pembekuan darah di dalam pembuluh darah, atau reaksi alergi terhadap obat bius.

"Beberapa wanita menginginkan labiaplasty karena mereka tidak menyukai tampilan labia mereka. Akan tetapi, sangat normal jika terdapat lipatan kulit yang terlihat di sekitar pembukaan vagin* Anda," kata NHS.

Kesehatan: Tidak ada ‘vagin* yang sempurna’, kata dokter - BBC News Indonesia (5)

Sumber gambar, Getty Images

Ginekolog Müjdegül Zayıfoğlu Karaca mengungkapkan pentingnya perempuan belajar lebih banyak tentang alat kelamin mereka, serta berdamai dengan tubuh mereka sendiri sebelum mempertimbangkan prosedur pembedahan apa pun.

Mahasiswa Eylül Gülce Kara juga setuju.

"Kita harus menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan seksual perempuan dan melawan konten yang mempromosikan operasi atau krim. Kita harus membuat konten yang emansipatif untuk meringankan tekanan pada wanita," katanya.

Tambahan liputan oleh reporter Giulia Granchi dari BBC News Brasil.

Kesehatan: Tidak ada ‘vagin* yang sempurna’, kata dokter - BBC News Indonesia (2024)
Top Articles
Same Day—Emergency Sewer Plumber—HYDROJET/Snake/Camera - skilled trade services - craigslist
SEWER Plumbing Problem? Drain Clog? Same-Day Pro Drain Services - skilled trade services - craigslist
It's Official: Sabrina Carpenter's Bangs Are Taking Over TikTok
Camera instructions (NEW)
Shoe Game Lit Svg
Wordscapes Level 5130 Answers
Pieology Nutrition Calculator Mobile
Southland Goldendoodles
Remnant Graveyard Elf
Missing 2023 Showtimes Near Lucas Cinemas Albertville
Chastity Brainwash
4156303136
2024 U-Haul ® Truck Rental Review
Mills and Main Street Tour
Define Percosivism
2016 Hyundai Sonata Refrigerant Capacity
Kiddle Encyclopedia
Gia_Divine
Indystar Obits
Transactions (zipForm Edition) | Lone Wolf | Real Estate Forms Software
Dr Ayad Alsaadi
Tripadvisor Napa Restaurants
Sandals Travel Agent Login
Why Are Fuel Leaks A Problem Aceable
Mineral Wells Skyward
Craigslist Dubuque Iowa Pets
Astro Seek Asteroid Chart
Rek Funerals
Town South Swim Club
Babydepot Registry
Salemhex ticket show3
Planned re-opening of Interchange welcomed - but questions still remain
Learn4Good Job Posting
Gina's Pizza Port Charlotte Fl
Envy Nails Snoqualmie
Plato's Closet Mansfield Ohio
De beste uitvaartdiensten die goede rituele diensten aanbieden voor de laatste rituelen
Ny Post Front Page Cover Today
Gold Nugget at the Golden Nugget
Barber Gym Quantico Hours
The TBM 930 Is Another Daher Masterpiece
„Wir sind gut positioniert“
Urban Blight Crossword Clue
Improving curriculum alignment and achieving learning goals by making the curriculum visible | Semantic Scholar
Post A Bid Monticello Mn
Unveiling Gali_gool Leaks: Discoveries And Insights
Anthem Bcbs Otc Catalog 2022
Stitch And Angel Tattoo Black And White
Jigidi Free Jigsaw
6463896344
Costco Gas Price Fort Lauderdale
Https://Eaxcis.allstate.com
Latest Posts
Article information

Author: Wyatt Volkman LLD

Last Updated:

Views: 5636

Rating: 4.6 / 5 (46 voted)

Reviews: 85% of readers found this page helpful

Author information

Name: Wyatt Volkman LLD

Birthday: 1992-02-16

Address: Suite 851 78549 Lubowitz Well, Wardside, TX 98080-8615

Phone: +67618977178100

Job: Manufacturing Director

Hobby: Running, Mountaineering, Inline skating, Writing, Baton twirling, Computer programming, Stone skipping

Introduction: My name is Wyatt Volkman LLD, I am a handsome, rich, comfortable, lively, zealous, graceful, gifted person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.